Minggu, 15 Januari 2012

Ada kah sedikit kebebasan untuk kami (?)


Tuhan.. kapan kah ini berakhir ?
tak kuat lagi Qishti disini.. ntah kapan kejadian ini dimulai.. Qishti tak tahu pasti..
berapa banyak sudah ledakan bom yang Qishti dengar.. teman-teman Qishti yang pergi secara tiba – tiba.. hanya ada sedikit gedung di kota kami.. dan ntah mengapa perlahan- lahan gedung itu menghilang.. dan jika ini terus terjadi tidak akan ada lagi gedung di kota kami.. tadi siang ummi berlari-lari kecil untuk menjemput Qishti dari tempat Qishti mengaji.. tempat itu tak seberapa besar memang.. hanya sehelai tenda sebagai atap dan besi- besi rapuh sebagai tonggak.. cukup lah untuk kami disana menghafal kan ayat – ayat Mu yang lembut..

Ummi : Qishti...
Qishti : na’am ummi? (iya,bu)
Ummi :  kayyisa.. 
Qishti :  limaza kayyisa ummi? (kenapa kayyisa,ibu?)
ummi :  kayyisa meninggal nak..
qishti : mataa matat ? (kapan meninggalnya ?)
ummi : sabahan yaumi (tadi pagi )
qishti : innalillahi... limaza ummi limaza?? (kenapa bu.. kenapa !)
ummi :  dia terkena tembakan senjata qishti.. *memeluk tubuh qishti        
qishti : kayyisa...   *qishti berlari masuk ke rumah  

Tuhan mungkin tadi Kau dengar percakapan Qishti dengan ummi ini sepulang ngaji.. kenapa Kau ambil kayyisa tuhan.. salah kah qishti pada nya .. yang mungkin telah membuat hati nya terluka.. atau Qishti salah pada tuhan jadi tuhan ambil sahabat Qishti.. tapi kata ustazah Kayyisa pasti senang disana.. kalau begitu apakah Kayyisa di panggil karena Kayyisa sudah tidak betah dengan semua ini..? kalau begitu ambil Qishti juga Tuhan.. Qishti juga sudah bosan mendengar bunyi ambulance yang selalu lalu lalang di depan rumah.. Qishti bosan setiap hari di tatapi tatapan sinis oleh om-om bersenjata itu Tuhan.. Qishti kecewa karna tidak bisa ikut shalat ied di Masjid karna selalu ada Om-Om bersenjata yang mengelilingi Masjid.. tidakkah Om-om itu shalat Tuhan... atau mereka memang tidak mengenal Mu? Kasihan sekali om-om itu.. ..(qishti tertidur sambil memeluk diary nya yang belum selesai ia tulis.)

“Qishti.. Qishti ayo sini.. ’’ terdengar Kayyisa memanggil Qishti “pintu apa ini kayyisa’’ tanya nya pada Kayyisa “ini pintu kebebasan Qishti” jawab Kayyisa “apakah Qishti akan di marahi ummi kalau kesini ? ’’ tanya ku lagi “tidak... anggap saja ini jalan – jalan, sampai ke rumah Qishti ceritakan ini sama ummi, ummi pasti senang.. ya? ’’ seru Kayyisa..






“MasyaAllah.. luar biasa tempat ini Kayyisa.. Qishti belum pernah kesini.. Qishti nanti mau ajak ummi ah kesini.. ummi pasti senang” seru Qishti “boleh, Qishti juga senang kan dsini Kayyisa dengar Qishti sudah bosan disana.. ’’ tanya Kayyisa “iya.. Qishti suka disini ada banyak bunga,, pohon.. subur ya disini Kayyisa.. beda dengan kota kita.. kota kita ga ada satu tumbuhan pun yang mau tumbuh disana.. disini anak – anak nya pasti bisa belajar dengan ceria mengaji dengan tenang dan shalat dengan kusyu’ mereka pasti sudah hafal ber juz – juz Al-Quran ya Kayyisa.. pasti mereka lebih hebat dari Qishti disini juga tidak ada ambulance yang meraung – raung pagi atau malam hari, tidak ada ledakan bom, tidak ada tembak menembak tidak seperti kota kita.. disini ada gedung tinggi,.. yang ada emas di atas nya.. itu menandakan rakyat disini makmur kan... eh.. itu ada bendera merah putih ini pasti bendera negara ini huh,, di negara kita.. naikkin bendera aja harus waspada.. eh.. Kayyisa itu kok ada anak-anak seumuran kita ya.. di jalanan mereka ngapain? Mereka menadah kan tangan?! Apa maksud nya itu.. mereka meminta – minta..? itu kok ada bayi yang di buang- buang ya Kayyisa... mereka disini kurang menghargai nyawa deh Kayyisa.. sementara kita disana.. demi nyawa rela ninggalin seluruh aktifitas,, hanya beberapa jam dalam sehari kita bisa keluar rumah itu karna nyawa kita terancam kan Kayyisa? Bisakah orang- orang disini lebih menghargai apa yang mereka punya juga kebebasan yang mereka miliki .. Qishti aja iri sama mereka.. Kayyisa juga iri kan?? Iya kan?? Kayyisa.. Kayyisa?!” *Qishti terbangun dari tidur nya
                                       -------tamat--------
 *Np- Palestine will be free - Maher Zain
special for ; cut nauval dafistri

1 komentar: